Unej berprestasi #2 Dari medali perak, Juara 1 futsal hingga Go International

Setelah beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas kesuksesan program comdev yang jadi juara di Indonesian MDGs Awards, UKM Tetaer Tiang yang merebut juara 3 dalam ajang monolog nasional dan keberhasilan tim FH Unej yang berhasil mengukuhkan diri sebagai juara 3 pada Ajang debat yang diadakan PPATK. Kali ini kita akan membahas prestasi prestasi terbaru dari civitas akademika Universitas Jember, apa saja prestasi membanggakan itu ? simak informasi dibawah ini.

Prestasi membanggakan datang dari Gerakan Universitas Jember Mengajar ( UJAR ) yang diundang dalam ajang “International Conference On Innovations and Challenges in Education” di Turki.

“Awalnya kami mengetahui ada kegiatan konferensi ini dari internet. Kemudian kami mengirimkan karya ilmiah mengenai program UJAR kepada panitia pada awal bulan April. Ternyata karya ilmiah kami berjudul Universitas Jember Mengajar, Innovation of Social Student Movement from University of Jember Based on Education That Aims to Elevate The Illiteracy In Jember, Indonesia diterima oleh panitia,” kata Abdul Aziz memulai kisahnya sampai akhirnya bisa berkunjung ke Turki.

Di Turki, tim  UJAR mempresentasikan pengalaman mereka dalam melaksanakan program ini, ternyata banyak peserta yang antusias untuk mengetahui U

JAR lebih dalam, bahkan salah satu peserta dari Gambia berminat untuk mengaplikasikan UJAR di negaranya Kesuksesan UJAR ini membuat Sobat UJAR diundang ke banyak event internasional, “Insya Allah bulan ini ada undangan dari sebuah LSM di Jerman yang bergerak di bidang social entrepreneurship,” kata Aziz lagi.

Setelah UJAR, kita beralih ke prestasi yang berhasil diraih Tim Futsal Putri Universitas Jember, ya, mereka baru saja membawa pulang title juara satu dalam “ITS Futsal Championship 2013” yang digelar pada tanggal 13 – 18 Mei 2013 lalu.

Awalnya, tim futsal putri Universitas Jember dipandang remeh oleh klub dan supporter tim futsal perguruan tinggi lain “Kami dipandang sebelah mata oleh tim lain, bahkan setiap bertanding diteriakin looser oleh pendukung musuh. Bagaimana tidak, ini kali pertama kali kami ikut kejuaraan, bertaraf nasional pula,” ujar Iklimah Nurmasala, kapten Tim. Berbekal tekad yang kuat, akhirnya tim ini lolos dari fase grup dan menang dengan skor pinalti 8 – 6 melawan Unnes Semarang.

Di partai final, tim futsal putri Universitas Jember dituntut menghadapi laga berat melawan Unnesa, dengan formasi 1-2-1 dan menurunkan komposisi pemain : Dyah Ayu (Hubungan Internasional, FISIP) sebagai kiper , Tyara Rizqi (Teknik Elektro, Fakultas Teknik) sebagai back . Di tengah, sang kapten Iklimah (Agribisnis, Faperta) berduet dengan Dwi Firma (Fakultas Hukum),  sementara Winda Artha (Hubungan Internasional, FISIP) menjadi ujung tombak. Selain berfungsi sebagai play maker, Iklimah memainkan posisi sebagai second striker. Dengan usaha yang keras, akhirnya mereka menang 3 -1 dan berhak membawa pulang piala juara 1 dan sejumlah uang tunai.

Prestasi yang tak kalah membanggakan didapatkan oleh Wawan Badrianto, mahasiswa FMIPA jurusan Kimia Universitas Jember yang meraih medali perak dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ( ON MIPA ) 2013 yang digelar di Hotel Ina Garuda Jogjakarta 29 Mei yang lalu.
Perjuangan yang tidak mudah harus dilalui Wawan untuk menjadi juara ON MIPA, melalui banyak seleksi yang diadakan, pertama ia harus seleksi di tingkat UNEJ, di tahap dua, ia harus bersaing dengan 600 peserta dari seluruh Indonesia untuk diambil 62 besar.


“Awalnya saya sempat minder, soalnya para pesertanya berasal dari universitas-universitas besar di Indonesia. Apalagi saya tahu sebelah bangku saya adalah dari UGM, tetapi dia dari bidang biologi. Dia hanya membutuhkan waktu satu jam untuk menyelesaikan soal-soalnya. Sedangkan saya, satu sesi dengan durasi 2 jam rasanya tidak cukup untuk menyelesaikan 5 soal yang disediakan. Tetapi akhirnya saya bisa mengakhirinya dengan mendapat penghargaan Perak, senang rasanya bisa sejajar dengan mahasiswa dari universitas besar lainnya”. Ungkap Wawan bahagia.

Tiga prestasi membanggakan diatas semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita mahasiswa Universitas Jember, untuk terus belajar, berinovasi dan berjuang nyata untuk membawa nama baik Universitas Jember tercinta. Because “I Love UNEJ, You Love UNEJ and We Love UNEJ”.


Sumber :

Previous
Next Post »