6 Kreasi Kuliner Unik dari Mahasiswa Universitas Jember

Mahasiswa UNEJ terkenal kreatif dalam membuat produk produk baru, sebut saja beras cerdas yang beberapa waktu lalu terkenal karna dijadikan bahan utama di acara masak di salah satu televisi swasta nasional, selain beras cerdas ternyata ada beberapa produk kuliner dari mahasiswa unej yang bisa dibilang unik dan inovatif, apa saja kuliner inovatif tersebut, ini dia rangkumannya :

Peekoen : Pia Sukun

Peekoen alias pia sukun dibuat oleh Arora Septian dan empat kawannya, mereka adalah 5 mahasiswa dari Fakultas Teknologi Pertanian, produk ini pertama dikenalkan pada ajang FTP FAIR 2013 yang digelar pada tanggal 28 Mei lalu. Pia sukun dapat mencuri minat pengunjung karna selain namanya unik, kemasannya pun unik, menggunakan kulit (klobot) jagung.

Sukun dipilih sebagai bahan baku karna Arora dan teman temannya ingin mengangkat eksistensi buah lokal yang bergizi dan belum banyak orang yang mengetahuinya. “Kami ingin mengangkat potensi pangan lokal yakni buah sukun, selain enak, buah sukun memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sehat dan mengenyangkan. Lagipula kalau pas panen, harga buah sukun murah hanya berkisar lima ribu rupiah per 2 kilogram, nah dengan mengubahnya jadi kue kami berharap nilai tambahnya meningkat,” ujar Arora.

Si Akang : Agar agar kangkung
Produk kedua yang tidak kalah unik adalah Si Akang, alias agar agar kangkung, berawal dari ide Silvia Kustianah dan teman temannya, mahasiswi dari Fakultas Teknologi Pertanian ini merasa bosan dengan olahan kangkung yang biasa biasa saja. Padahal, kangkung termasuk sayuran yang kaya akan gizi, harganyapun sangat murah dan dapat didapatkan dimana saja.

Si Akang terbuat dari bahan utama yaitu ekstrak kangkung yang dicampur dengan agar agar tanpa rasa  “Kami mencampur ekstrak kangkung dengan agar-agar tanpa rasa, setelah itu ditambah potongan strawberry sehingga kami harapkan mampu menarik penikmat, terutama anak-anak yang biasanya ogah makan sayur,” kata silvia.

Dikenalkan pertama kali dala FTP Fair 2013, Si akang dikemas dalam bentuk cup mini dengan harga Rp.1.500.- per kemasannya.

Black Calamaro Noodle : Mie Hitam Cumi
Tahukah anda jika tinta hitam yang dikeluarkan oleh cumi cumi ternyata mengandung banyak zat penangkal radikal bebas “Antioksidan” ? ini dia yang ditawarkan oleh Ina Wahyudi dan timnya, mereka membuat olahan mi dengan tinta cumi cumi , “Kami mencampur 2 kilogram tepung terigu dengan tinta cumi yang dihasilkan dari 2 kilogram cumi-cumi. “.

Dalam ajang FTP Fair 2013, Black Calamaro Noodle tampil eksotik dengan warna hitam dan cincangan daging cumi cumi di atasnya. Selain unik dan sehat, produk ini termasuk inovatif karna menggunakan bahan tinta cumi yang belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Jumi Jumi
Jumi jumi adalah nama dagang dari Juice mi buatan 5 mahasiswa Sistem Informasi, idenya berawal dari keprihatinan mereka melihat banyak anak yang tidak suka mengkonsumsi sayur, akhirnya mereka berfikir untuk membuat olahan yang mengandung sayur dan disukai anak anak.

Mereka membuat jumi jumi beraneka warna dari tepung dan aneka jus sayur, "Campuran jus wortel membuat warna mi menjadi kemerahan, sementara yang dicampur jus sawi akan berwarna hijau. Selain menjadikan mi lebih sehat, tampilannya yang colourfull membuat banyak orang, khususnya anak-anak, tertarik mencobanya," Kata Sayyid, ketua tim jumi.

Ide kreatif jumi jumi ini berhasil mengantarkan mereka menjadi salah satu peserta Program Kreativitas Mahasiswa ( PKM ) yang disetujui oleh Dikti, "Kini kami menunggu realisasi dana dari Ditjen Dikti. Kami berencana menggunakan dana tersebut sebagai modal untuk mengembangkan Jumi-Jumi. Selain itu, ika tanggapan masyarakat baik, kami ingin membuka warung Jumi,” tambah sayyid.

Mellorine Bika : Es Krim biji karet


Biji karet yang dikenal sebagai limbah oleh masyarakat, ternyata bisa diubah menjadi makanan elit yang sehat. Inilah yang dilakukan oleh Rizka Yusraa dan teman temannya dari Fakultas Teknologi Pertanian UNEJ, mereka mengolah biji karet menjadi es krim yang nikmat dan sehat.

Mellorine bika berawal dari perjuangan panjang Rizka dan kawan kawan, berawal dari riset selama enam bulan, mereka mencoba meneliti kandungan biji karet, yang ternyata memiliki kandungan karbohidrat 15,9 persen, protein 27 persen, dan lemak 32,3 persen, selanjutnya, mereka mencoba menghilangkan racun dari biji karet yaitu zat linamarin yang menghasilkan asam sianida yang jika dikonsumsi bisa menyebabkan gejala antara lain penyempitan saluran nafas, mual, muntah, sakit kepala bahkan kematian.

Proses pembuatan es krim ini ternyata relatif mudah, pertama, daging biji karet yang sudah dilepas dari cangkangnya direndam dengan air selama 24 jam, dan setiap dua jam diganti airnya, lalu direbus minimal selama dua jam, kemudian daging biji karet digiling halus dan disaring untuk menghasilkan cairan kental yang disebut susu biji karet. Selanjutnya, susu biji karet diolah bersama air, gula, cairan emulsi, vanili, garam dan kuning telur.

Dalam Ajang FTP Fair 2013, Es Krim ini mendapat banyak perhatian karna sangat unik dan murah, harga es krim per porsinya hanya Rp.3.000.-, saat dicicipi, es krim ini terasa sedikit sepat, namun, rasanya hampir sama seperti kacang tanah, dengan warna hijau muda, es krim ini sangat segar dan terasa lembut di mulut.

Es Krim Temulawak

Satu lagi olahan es krim unik yang dibuat oleh mahasiswa kreatif UNEJ adalah Es Krim Temulawak, es krim ini pertama dikenalkan pada ajang “Gelar Produk – Pengembangan Produk Baru Bidang Pangan Fakultas Teknologi Pertanian UNEJ” tahun 2012 lalu.

Es krim ini merupakan kreasi dari Helen dan kawan kawannya yang ingin memanfaatkan produk lokal yang sudah terkenal khasiatnya untuk diolah sebagai makanan modern yang lebih digemari masyarakat, “Temulawak mengandung curcumin, zat yang baik menjaga kesehatan organ hati, pencernaan dan menabah nafsu makan. Jadi kami berpikir mengapa tidak ditambahkan ke ice cream, sehingga tidak hanya sekedar enak, tapi juga menyehatkan,” Ujar helen.

Setelah sukses membuat Es Krim temulawak, tim ini berencana untuk membuat varian es krim lain, seperti kunyit dan bahan lain yang biasa dipakai sebagai jamu.

Itu dia 6 kreasi kuliner unik yang berhasil dibuat oleh mahasiswa Universitas Jember.

Sumber :
Situs Resmi Universitas Jember
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
okky okky
admin
28 June 2013 at 13:19 ×

ini d jual dmn ae to?

Congrats bro okky okky you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar