Eksistensi UNEJ di webometric dari tahun ke tahun

Meniti peringkat Unej di webometrick dari tahun ke tahun.



Webometric adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi melalui Websitenya. Sebagai alat ukur (Webomatric) sudah mendapat pengakuan dunia termasuk di Indonesia (sekalipun masih ada yang meragukan tingkat validitasnya). Peringkat Webometric pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 oleh Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC). CSIC merupakan lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Secara periodik peringkat Webometric akan diterbitkan setiap 6 bulan sekali pada bulan Januari dan Juli. Peringkat ini mengukur lebih dari 16.000 lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia yang terdaftar dalam direktori. Peringkat perguruan tinggi versi Webometric dapat dengan mudah dilihat atau diakses melalui Internet dengan alamat : http://www.webometrics.info/.  

Universitas Jember pertama kali terindeks di webometrik pada januari tahun 2009, mengawali peringkat di tahta nomor 32 di Indonesia, UNEJ sebagai peserta baru, menjajaki peringkat  4.780 di dunia, prestasi yang cukup membanggakan karna saat itu masih sedikit universitas yang masuk dalam daftar ini, dan UNEJ menjadi Universitas jawa timur ke 5 yang masuk kedalamnya setelah Universitas Airlangga ,  ITS, Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang.

6 bulan kemudian ( Juli 2009 ) UNEJ semakin mantap dalam menapaki tangga webometrik, unej.ac.id membawa UNEJ naik 8 peringkat ke posisi 24, dan menerobos 1.138 universitas lain untuk merebut posisi 3.642 dalam peringkat internasional.

Januari 2010 UNEJ naik ke posisi 3.473 dalam peringkat international, kendati naik, posisinya di persaingan universitas Indonesia harus turun dua peringkat dan menempati posisi 26.
Bulan Juli 2010 menjadi bulan terakhir bagi UNEJ untuk menempati posisi 30 besar, karna di bulan ini, posisi UNEJ turun drastis 14 tingkat ke tangga nomor 40,  peringkatnya di level internasional-pun menurun secara signifikan ke posisi 4.969 .

Sepertinya tren penurunan masih berlanjut pada awal 2011, di bulan Januari ini, UNEJ ( lagi lagi ) mengalami penurunan yang lumayan besar, UNEJ harus menerima kursi nomor 48 di daftar universitas indonesia, sedangkan di level internasional, UNEJ naik 37 peringkat ke posisi 4.932.

UNEJ terlempar dari posisi 50 besar karna di bulan Juli 2011, UNEJ harus merelakan posisinya digeser oleh 6 perguruan tinggi lain dan harus duduk manis di posisi 54, levelnya di kancah internationalpun jatuh ke posisi 5.381, posisi terbawah yang diterima UNEJ selama 4 tahun menapaki tangga webometrik.
Sedikit asa tampak membumbung ketika UNEJ masuk lagi ke jajaran 50 besar dan menempati posisi 44, kenaikan yang cukup signfikan di kancah lokal membuat UNEJ juga melayang naik ke posisi 3.608 di bulan Januari 2012.

6 bulan setelah kenaikan yang cukup signifikan, napaknya unej.ac.id kalah tangguh dengan website website perguruan tinggi lain, 11 posisi harus UNEJ relakan dan harus terlempar kembali dari posisi 50 besar.

Webometrik mengumumkan daftar terbarunya pada Januari 2013, di awal tahun ini, posisi UNEJ semakin jauh dari posisi awalnya dulu, UNEJ mendekam di posisi 75, posisi yanng cukup dalam jika mengingat debutnya dulu di posisi 32.

Pengukuran Webometric memang hanya menekankan pada publikasi secara elektronik melalui Website, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
 Adapun kriteria yang digunakan untuk mengukur peringkat Webometric adalah Size, Visibility, Rich file, dan Scholar. Penjabarannya adalah sebagai berikut :
1. Size (S) atau Ukuran Website, yaitu jumlah halaman yang terindek oleh empat mesin pencarian utama yaitu :  Google, Yahoo, Live Search dan Exalead.
2. Visibility (V) atau Ketertampakan Website, yaitu: jumlah keseluruhan  tautan ekternal yang unik  dan terdeteksi oleh  Google search, Yahoo Search, Live Search and Exalead.
3. Rich Files (R) atau Banyaknya Dokumen, yaitu: banyaknya file yang terdeteksi, khususnya file yang memiliki tingkat relevansi terhadap aktivitas akademik dan publikasi ilmiah, dalam bentuk: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt).
4. Scholar (Sc) atau Kepakaran, yaitu: paper atau karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google  Scholar.  
Metode perhitungan nilai webometric adalah menggunakan rumus:
University Score=  (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc)
Dalam meranking, webometic melibatkan beberapa search engine antara lain: Google, Yahoo Search, dan Live Search
Webometric bukanlah tujuan akhir, namun webometric yang merupakaan pemetaan dari kekuatan perguruan tinggi di bidang Social Networking baik interneal sekaligus ekternal. Apapun tujuan webomteric sangatlah kita hargai untuk memacu perguruan tinggi memacu partisipasinya ke masyarakat luas, salah satunya dari publikasi penelitian.
UNEJ saat ini terus menggenjot penggunaan IT dalam kegiatan perkuliahannya, ini merupakan langkah untuk menjadikan UNEJ sebagai universitas tingkat dunia ( World Class University ), memang tidak mudah untuk menggapai predikat WCU, tapi dengan usaha bersama dari semua komponen universitas dan para civitas akademika, bukan tidak mungkin jika UNEJ akan keluar dari predikat domestically recognized atau masih jagoan domestik menjadi World Class University.

Sumber :
Previous
Next Post »