Tim Fakultas Teknik UNEJ menjadi juara dalam Kompetisi Mobil Listrik Nasional V

Prestasi mengagumkan kembali ditorehkan oleh civitas akademika kampus tegalboto Universitas Jember, kabar menggembirakan kali ini datang dari Tim Fakultas Teknik Mesin Universitas Jember yang berhasil menjadi Juara Umum dalam kompetisi Mobil Listrik Nasional V yang dilaksanakan di Kampus Politeknik Bandung, 25 - 27 Oktober 2013.


Dikutip dari Tribunnews , Kompetisi nasional ini diikuti oleh 14 tim dari perguruan tinggi di Indonesia, yaitu :

Hokage-Tarsius X3 Universitas Bangka Belitung
Team Alpha 5 -Blue Warior- Politeknik Negeri Jakarta
Arjuna UGM
Habe MJ Moncer Politeknik Harapan Bersama Tegal
Rahwana Power Car Polban
Khad Racing Team UMY
Mandalika Universitas Mataram
New Green Peanut Politeknik Negeri Semarang
Weimana Unud Gede Barong Universitas Udayana
EVC PENS
Titen GX-V Universitas Jember
Ottimo Car Politeknik Elektronika Surabaya
Jalak Harupat-Kujang 193 Unpas
HMTM STTNas Car Toeee w0 HMTM STTNas Negeri Yogjakarta.

Rektor Universitas Jember, Mengendarai Mobil Listrik karya Mahasiswa Universitas Jember saat di Politeknik Negri Bandung (31/10/13) Sumber gambar : Kompas
Tim Titen GX-V berhasil mengalahkan tim lain setelah menang dalam pengujian oleh dewan juri, dari empat kriteria yang diujikan yaitu kategori percepatan mobil, pengereman, efisiensi energi, dan kategori kecepatan kendaraan (mobil listrik), Tim kebanggan Universitas Jember ini memiliki catatan dengan nilai yang memuaskan dibanding tim yang lain.

Satriyo Budi Utomo, sebagai pembimbing tim Titen GX-V menjelaskan, mobil listrik ini memiliki nilai efisiensi tenaga yang cukup tinggi, karna hanya butuh daya 108 watt untuk jarak 7,5 kilometer, selain itu, berat mobil ini hanya memiliki berat 140 kilogram. Ketika ditanya mengenai persiapan peserta kompetisi, ia menyebutkan bahwa tim ini hanya mempersiapkan dalam waktu kurang lebih dua bulan, dikutip dari kompas Satriyo dengan bangga menuturkan “Persiapan serta kerja keras anak- anak terjawab dengan buah manis. Dari empat kategori yang dilombakan, tim kami meraih 3 gelar. Kategori percepatan dan pengereman meraih juara 1, kategori efiensi tenaga dan kecepatan mendapat juara 2. Namun secara keseluruhan dalam semua kategori, tim kami tampil sebagai juara umum 1,"

Selamat atas keberhasilan tim GX-V menjadi Juara Umum dalam ajang kompetisi Mobil Listrik Nasional, semoga kemenangan ini bisa memacu kita untuk terus belajar, berkarya dan berprestasi. Dan, kemenangan ini tentunya akan menjadi sebuah kado manis menuju Dies Natalies UNEJ ke-49 .

http://unej.ac.id/index.php/id/berita/akademik/403-mobil-listrik-unej-raih-juara-umum-1-nasional.html

Sumber berita http://regional.kompas.com/read/2013/10/31/2046360/Paling.Hemat.Mobil.Listrik.Mahasiswa.Jember.Raih.Juara.Satu
http://jabar.tribunnews.com/2013/10/28/mobil-titen-juara-kompetisi-mobil-listrik
http://www.antarajatim.com/lihat/berita/120534/unej-raih-juara-umum-mobil-listrik-nasional
Previous
Next Post »