Pagelaran Kyai Kanjeng Sukses Ramaikan Festival Tegalboto Hari Keempat


 Festival Tegalboto Unej sudah menginjak hari keempat, pada 5 November ini, total 5 acara yang diadakan dan berpusat di beberapa titik di Universitas Jember.

Pertama, ada lomba mendongeng cerita rakyat se eks-karesidenan Besuki untuk tingkat SMP/SMA sederajat. Acara ini berpusat di Gedung Soetardjo.

Seperti yang diberitakan oleh unej.ac.id, Panitia penyelenggara menuturkan bahwa mendongeng atau storytelling adalah kebiasaan turun-temurun yang dilakukan para leluhur sebagai pengantar tidur atau pengisi waktu luang sembari berinterksi dengan sang anak. Dongeng mengandung keteladanan, kebaikan, kejujuran, dan kelucuan. Pada zaman sekarang sudah tidak banyak anak-anak yang mendengarkan dongeng dari orang tuanya. Hal itu dikarenakan orang tua sibuk bekerja, guru di sekolah pun tidak terbiasa bercerita, mendongeng atau menulis dongeng yang sesuai dengan kondisi dan perubahan zaman.

Lomba mendongeng semarakkan festival tegalboto. sumber foto : unej.ac.id
3 event selanjutnya adalah Lomba Puisi di Gedung PKM, Reuni Akbar yang diadakan di Gedung KAUJE dan Gelar Seni Mahasiswa yang diselenggarakan di Lapangan Timur UNEJ.

Dan, Festival Tegalboto edisi hari keempat ditutup dengan sangat manis oleh Pagelaran Kyai kanjeng yang sukses menyedot partisipasi dari mahasiswa dan masyarakat Jember, dimulai sejak pukul 19.00, alunan musik yang khas menjadi pembukaan yang indah sebagai pembukaan salah satu event yang paling ditunggu ini. Selanjutnya adalah Sambutan dari Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD, dalam sambutannya ia menuturkan bahwa Festival Tegalboto ini diadakan untuk menjalin silaturahmi yang kuat dengan masyarakat Jember.
Pembukaan Pagelaran kyai kanjeng - Festival Tegalboto

Acara selanjutnya dilanjutkan langsung oleh Kyai Kanjeng "Emha Ainun najib" yang membawakan ceramah dengan ciri khasnya, sesekali ia menyanyikan lagu lagu terkenal yang diaransemen menggunakan gamelan seperti lagu Imagine dari John Lennon, Sebelum cahaya dari Letto dan lainnya, ia juga sering melontarkan guyonan khasnya yang sukses membuat penonton cair dalam suasana.



Kyai Kanjeng memulai ceramahnya

Para penonton terlihat antusias menonton pagelaran di Festival Tegalboto ini
 Kemeriahan ini tentunya membawa dampak baik untuk stand makanan yang ada di sekitar lapangan timur ini, dimalam hari, stand dibanjiri oleh penonton yang ingin membeli makanan dan minuman.
Festival tegalboto hari keempat makin ramai

Pembelian bisa dilakukan menggunakan kupon

Itu dia rangkuman lengkap tentang pelaksanaan Festival Tegalboto hari keempat .
Sampai jumpa esok di Acara seru lainnya di Festival Tegalboto 2013 "UNEJ MEMBANGUN NEGERI".
Previous
Next Post »