Prestasi Tim Teknik Unej di Brawijaya Copter Competition 2013

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Jember, setelah beberapa waktu Tim TITEN GX-V menjadi juara umum dalam ajang kompetisi mobil listrik nasional, kali ini giliran tim Ngejawantah yang berhasil menjadi juara di Brawijaya Copter Competition 2013 yang diselenggarakan 23 November hingga 5 Desember 2013 lalu.

Dilansir dari web resmi Unej, Team Aeromodelling Fakultas Teknik Universitas Jember meraih penghargaan "Best Design" dalam kompetisi BCC (Brawijaya Copter Competition 2013) di Gor pertamina Universitas Brawijaya Malang beberapa waktu yang lalu.
Para pemenang BCC 2013 di Gor Pertamina . Sumber foto : http://teknik.ub.ac.id/

Dalam kompetisi ini, karya aeromodelling dari setiap peserta akan diuji oleh 2 misi. Misi pertama adalah misi lepas landas dan landing / pendaratan, dimana quadcopter peserta diharuskan terbang diatas 2,5 meter diatas tanah dan menempun jarak terbang kurang lebih 25 meter untuk nantinya mendarat ke permukaan yang telah ditentukan dan juga diberi area target.  Misi Kedua adalah misi rintangan. Dalam misi ini peserta harus berhasil melewati halang rintang yang diberikan panitia. Halang rintang ini akan menguji kemampuan quadcopter untuk melakukan maneuver naik-turun maupun zig-zag.

Dalam acara penutupan di GOR Pertamina, Dewan Juri yang terdiri dari Ir. Atik Biantoro. MT (Peneliti Senior di pusat teknologi penerbangan LAPAN), Bambang Siswoyo (dosen Teknik Elektro UB) sebagai praktisi dan akademisi di bidang Quadcopter,dan Marzudi Yuwono sebagai praktisi Quadcopter mengumumkan para pemenang yang terdiri dari :
Juara 1 : Tim Aeroclub UGM
Juara 2 :  The Underdog UNDIP
Juara 3 : Arundanti UNDIP.
Juara 4 : MECHVOLO Universitas Brawijaya.
Desain Copter terbaik : Tim Ngejawantah UNEJ

Brawijaya Copter Competition (BCC) 2013  merupakan rangkaian dari Kreativitas Mesin Brawijaya (KMB) 2013 yang rutin digelar  Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) FT-UB setiap tahun. Dua kegiatan lain yang terangkum dalam KMB 2013 adalah Mechanical Day 2013 dan Mechanical Innovation Design Contest (MIDC) yang telah dilaksanakan November lalu.

Simak video kemenangan Tim Teknik UNEJ




Selamat untuk prestasi yang membanggakan dari Tim Fakultas Teknik Universitas Jember .
Ditunggu lagi prestasi prestasi membanggakan yang lainnya !

Sumber :
http://unej.ac.id/index.php/id/berita/akademik/442-tim-teknik-unej-raih-best-desain-nasional.html
http://teknik.ub.ac.id/brawijaya-copter-competition-afterglow-ugm-juarai-quadcopter/
http://kmb.ub.ac.id/
Previous
Next Post »