Fasilitas Internet di Universitas Jember akan di-Upgrade

Berdasarkan pengumuman resmi dari akun Facebook resmi Universitas Jember yang menginformasikan bahwa akan diadakan pemindahan jaringan fiber optik dan peningkatan bandwidth untuk koneksi internet di lingkungan kampus Universitas Jember, berhubungan dengan maintenance tersebut, untuk beberapa hari kedepan jaringan internet dan jaringan LAN di UNEJ akan mengalami gangguan atau diskoneksi.

Informasi resmi dari Facebook University of Jember (3/1/13)


Internet merupakan fasilitas yang sangat vital di sebuah perguruan tinggi, karna saat ini, di era teknologi, semua informasi bisa didapat dengan mudah melalui internet, selain itu, UNEJ memang sedang gencar memanfaatkan proses pembelajaran elektronik atau E-learning untuk mendukung kampanye perkuliahan paparless.

Sebagai informasi, fiber optic yang rencananya akan diterapkan di UNEJ adalah teknologi yang mulai banyak digunakan di berbagai negara.

Teknologi ini menawarkan koneksi internet yang lebih cepat dari media transmisi lainnya .

Sekilas tentang Fiber optic :

Sistem komunikasi

Sistem komunikasi serat optik atau fiber optic adalah sistem komunikasi dengan menggunakan sinar atau cahaya sebagai pembawa informasi dan menggunakan serat optik sebagai media transimisi. Alasan utama pembuatan serat optik adalah penggunaannya pada sistem komunikasi agar diperoleh sistem dengan kapasitas besar dan kecepatan tinggi untuk pengiriman bermacam informasi baik suara maupun data.
Serat optik juga banyak digunakan pada berbagai sistem komunikasi kabel laut sehingga kabel serat optik dipasang di dasar samudra yang mengubungkan berbagai kota di berbagai negara, selain itu juga digunakan dimanfaatkan pada LAN (Local Area Network) atau pun pada WAN (Wide Area Network).

Itu dia sedikit informasi tentang upgrade jaringan yang akan dilakukan di Universitas Jember, semoga dengan fasilitas internet berkualitas yang diberikan, bisa mendorong mahasiswa Universitas Jember untuk lebih berprestasi lagi .

Selamat menikmati era baru internet di Universitas Jember !!

Kunjungi situs resmi Unit Pelaksana Teknis - Teknologi Informasi (UPT-TI) Universitas Jember http://uptti.unej.ac.id/

(weloveunej)
Previous
Next Post »